الأحد، 9 ديسمبر 2012

antropologi sosial


BAB 2 ANTROPOLOGI SOSIAL


Definisi Antropologi Sosial

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata.
Secara harfiyah antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya.

Konsep Dasar Antropologi
Mencakup 5 pokok kajian yaitu :
1.    Sejarah terjadi dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis.
2.    Sejarah terjadinya aneka warna manusia berdasarkan cirri-ciri tubuh.
3.    Persebaran dan terjadinya keseragaman bahasa yang diucapkan manusia.
4.    Perkembangan persebaran dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia.
5.    Masalah keragaman budaya suku-suku bangsa seluruh dunia dewasa itu.

Pengertian Bagan Ruang Lingkup Antropologi Sosial

Antropologi fisik adalah ilmu yang mencoba menelaah manusia sebagai makhluk fisik yang tumbuh dan berkembang hingga terjadinya keanekaragaman manusia menurut iri-ciri tubuh atau fenotipe seperti warna kulit, rambut, warna mata, bentuk hidung dan sebagainya.

 Sejarah Antropologi Sosial

Kebanyakan antropolog sependapat bahwa antropologi muncul sebagai suatu cabang keilmuan yang jelas batasannya pada sekitar pertengahan abad ke-19, tatkala perhatian orang pada evolusi manusia berkembang. Antropologi sebagai disiplin akademik baru dimulai tidak lama setelah itu ketika pengangkatan pertama antropolog profesional di Universitas, museum, dan kantor-kantor pemerintahan (Garbarino,1984;koenjtaraningrat,1991). Namun tidak ada keraguan bahwa gagasan antropologi sudah ada jauh sebelumnya. Tapi, ihwal kapan adalah diperdebatkan meski tidak khusus setiap antropolog dan ahli sejarah memiliki alasan sendiri-sendiri untuk menentukan kapan antropologi dimulai. Dari sudut pandang “sejarah gagasan”, tulisan-tulisan filsuf, dan peziarah yunani, sejarawan arab kuno, peziarah eropa kuno, maupun masa renaisans, dan filsuf, ahli hukum, ilmuwan berbagai bidang dari Eropa, semuanya bisa dianggap pendorong bagi dibangunnya tradisi antropologi (Koentjaraningrat, 1991).
            Sebagai contoh, Alan Barnard (2000) berpendapat bahwa kelahiran antropologi adalah ketika konsep “kontrak sosial” tersebut. Perdebatan pada abad ke-18 mengenai asal usul bahasa dan megenai hubungan antara manusia dengan apa yang kita sebut primata yang lebih tinggi juga relevan, sebagaimana halnya perdebatan pada abad ke-19 antara poligenesis (keyakinan bahwa setiap ‘ras’ mempumyai asal usul terpisah) dan monogenesis (keyakinan bahwa manusia memiliki asal usul keturunan yang sama, dari adam atau dari makhluk semacam kera.
            Antropologi di Eropa pada abad ke-18
Menurut Jean jacques Rousseau, dalam tulisannya of the social contract (1973[1762]:183), menyatakan bahwa: “kalau kita mengikuti pandangan [Grotius] bahwa kekuasaan itu dibangun bagi yang dikuasai, maka niscaya spesies manusia terbagi-bagi menjadi begitu banyak kelompok seperti kelompok penggembalaan ternak –nya demi kepentingan mereka sendiri” (1973[1762]:183).
            Antropologi pada abad ke-19, terlebih abad ke-20, berkembang dalam arah yang lebih sistematik dan menggunakan peralatan metodologi ‘ilmiah’. Persoalan paradigma menjadi semakin penting. (achmad fedyani saifuddin, 2006)

Pendekatan Antropologi Sosial

          Pada dasarnya, perhatian antropologi yang paling awal adalah mengenai ciri-ciri dan sifat-sifat masyarakat: bagaimana manusia berhubungan satu sama lain, dan bagaimana masyarakat berubah sepanjang waktu dan mengapa masyarakat berubah sepanjang waktu.
Pendekatan secara interaktif memusatkan perhatian pada mekanisme, yang melalui mekanisme tersebut individu-individu saling berhadapan dengan individu lainnya, atau semata-mata tentang cara-cara individu-individu mendefinisikan situasi sosial mereka.
            Pendekatan yang di gunakan antropologi menggunakan pendekatan kuantitatif (positivistik) dan kualitatif  (naturalistik). Artinya, dalam penelitian antropologi dapat di lakukan melalui pengkajian secara statistik matematis, baik di lakukan untuk mengukur pengaruh maupun maupun korelasi antar variabel penelitian, maupun dilakukan secara kualitatif-naturalistik.
            Selain pendekatan positivistik dan naturalistik, menurut kapplan dan manners(1999:6) dalam antropologi pun di kenal pendekatan relativistik dan lomparatif. Pendekatan relativistik memandang bahwa setiap kebudayaan merupakan konfigurasi unik yang memiliki cita rasa kha, gaya, serta kemampuan tersendiri. Keunikan itu sering di nyatakan dengan dukungan maupun tanpa dukungan bukti serta tidak banyak upaya membahas atau menjelaskannya. Memang dalam pengertian tertentu, setiap budaya itu unik, persis sebagaimana uniknya individu,tiap helai rambut dan tiap atom di alam semesta tidak sama. Perbedaan itu kadarnya bermacam-macam. Apabila suatu fenomena sepenuhnya unik maka mustahil kita akan memahaminya. Sebab kita mampu memahami sesutu fenomena hanya dengan memahami bahwa ia mengandung beberapa kemiripan tertentu dengan hal-hal yang telah kita kenal sebelumnya. Masyarakat relativ menyatakan bahwa suatu budaya harus diamati sebagai suatu kebulatan tunggal dan hanya sebagai dirinya sendiri.
            Kaum komparativis berpendapat bahwa suatu institusi, proses, kompleks, atau ihwal sesuatu hal, haruslah terlebih dahulu dicopot dari matriks budaya yang lebih besar dengan cara tertentu sehingga dapat dibandingkan dengan institusi, proses, kompleks, atau ihwal-ihwal dalam konteks sosiokultular lain. Adanya relativitas yang ekstrem, berangkat dari anggapan-anggapan bahwa tidak ada dua budaya pun yang sama, pola, tatanan, dan makna akan di paksakan jika elemen-elemen diabstraksikan demi perbandingan. Oleh karena itu, perbandingan bagian-bagian yang telah di abstraksikan dari suatu keutuhan, tidaklah dapat di pertahankan secara analitis.
            Namun, karena pemahaman tentang ketidaksamaan itu bersumber dari perbandingan, maka tidak dapat kita katakan bahwa pendekatan relativistik itu tidak memiliki titik temu dengan pendekatan komparatif . titik temu kedua pendekatan tersebut terletak pada pasal tidak di izinkannya pemaksaan . terutama soal-soal yang berkaitan dengan ideologi, minat, dan tekanan yang menimbulkan keragaman pendekatan metodologis tersebut.sebab komparatif dan relatifis sama-sama mengetahui bahwa tidak ada dua budaya pun yang sama persis. Sungguh pun demikian, mereka berbeda satu sama lain. Perbedaan itu paling tidak 2 hal penting, yaitu walaupun para komparatifis mengakui bahwa semua bagian suatu budaya niscaya ada unsur perbedaannya, tetapi mereka percaya dan menekankan pada unsur persamaannya yang saling berkaitan secara fungsional,sebaliknya kaum relatifis sangat menekankan masalah-masalah perbedaan di banding komparatifis (kapplan dan mannrs, 1999:6-8).           

Teori Antropologi Sosial  

          Dalam antropologi sosial atau budaya, suatu pembedaan sering kali dibuat antara ‘etnografi’ dan ‘teori’. Etnografi secara harfiah adalah praktik penulisan mengenai suatu masyarakat. Sering kali etnografi sebagai cara kita untuk manjadikan masuk akal mode pemikiran orang lain, karena ahli antropologi biasanya mempelajari budaya lain ketimbang kebudayaannya sendiri.oleh karena itu, teori dan etnografi mau tak mau menjadi satu  kesatuan, seperti dua sisi pada sekeping uang logam. Adalah tidak mungkin kita membicarakan dalam etnografi tanpa gagasan tertentu tentang apa yang penting dan yang tidak penting.

           

Etnografi adalah berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphein yang berarti tulisan atau uraian. Jadi berdasarkan asal katanya, etnografi berarti tulisan tentang/ mengenai bangsa. Namun pengertian tentang etnografi tidak hanya sampai sebatas itu. Burhan Bungin ( 2008:220) mengatakan etnografi merupakan embrio dari antropologi. Artinya etnografi lahir dari antropologi di mana jika kita berbicara etnografi maka kita tidak lepas dari antropologi setidaknya kita sudah mempelajari dasar dari antropologi. Etnografi merupakan ciri khas antropologi artinya etnografi merupakan metode penelitian lapangan asli dari antropologi ( Marzali 2005:42).

Etnografi biasanya berisikan/menceritakan tentang suku bangsa atau suatu masyarakat yang biasanya diceritakan yaitu mengenai kebudayaan suku atau masyarakat tersebut. Dalam membuat sebuah etnografi, seorang penulis etnografi (etnografer) selalu hidup atau tinggal bersama dengan masyarakat yang ditelitinya yang lamanya tidak dapat dipastikan, ada yang berbulan-bulan dan ada juga sampai bertahun-tahun. Sewaktu meneliti masyarakat seorang etnografer biasanya melakukan pendekatan secara holistik dan mendiskripsikannya secara mendalam atau menditeil untuk memproleh native’s point of view. Serta metode pengumpulan data yang digunakan biasanya wawancara mendalam ( depth interview) dan obserpasi partisipasi di mana metode pengumpulan data ini sangat sesuai dengan tujuan awal yaitu mendeskripsiakan secara mendalam.
Membuat etnografi juga merupakan hal yang wajib dilakukan uuntuk para sarjana antropologi. Seperti yang ditulis oleh Marzali (2005: 42): “ Bagaimanapun, etnografi adalah pekerjaan tingkat awal dari seorang ahli antropologi yang propesional. Etnografi adalah satu pekerjaan inisiasi bagi yang ingin manjadi ahli antropologi professional. Seseorang tidak mungkin dapat diakui sebagai seorang ahli antropologi professional jika sebelumnya dia tidak melakukan sebuah etnografi, dan melaporkan hasil penelitiannya. Hasil penelitiannya ini harus dinilai kualitasnya…Untuk meningkat ke peringkat yang lebih tinggi maka…pekerjaan yang harus dilakukan selanjutnya adalah apa yang disebut sebagai comperative study, basik secara diakronis maupun secara sinkronis”.
Jika kita membaca tulisan tersebut, terlihat penulis ingin menekankan bahwa membuat etnografi itu merupakan suatu kewajiban. Sesorang sarjana antropologi wajib menghasilkan sebuah etnografi jika belum maka seseorang tersebut belum dikatakan seorang sarjana antropologi. Namun jika sudah maka seseorang tersebut berhak untuk dikatakan seorang sarjana antropologi namun belum bisa dikatakan sebagai ahli antropologi sesungguhnya ( ahli etnologi ). Seseorang dikatakan ahli etnologi apabila seseorang tersebut melakukan pekerjaan yang lebih tinggi yaitu comparative study dalam basic diakronis maupun sinkronis.

(marjali, 2005) (bungin, 2008)
           

Macam-macam Antropologi Sosial

          Macam-macam Antropologi Sosial adalah sebagai berikut:
1.  Antropologi fisik
2.  Antropologi budaya
3.  Antropologi medis
4.  Antropologi psikologi
5.  Antropologi sosial
    Antropologi fisik mampelajari manusia sebagai organisme biologis yang melacak perkembangan manusia menurut evolusinya dan menyelidiki variasi biologisnya dalam berbagai jenis (species ). Keistimewaan apapun yang dianggap melekat pada dirinya yang dimiliki manusia, mereka digolongkan pada binatang menyusui, khususnya primata.
    Antropologi budaya memfokuskan perhatiannya pada kebudayaan manusia ataupun cara hidupnya dalam masyarakat. Menurut Havilan cabang antropologi budaya ini dibagi-bagi lagi menjadi tiga bagian, yakni arkeologi, antropologi linguistik, dan etologi. Untuk memahami pekrjaan para ahli antropologi budaya, kita harus tahu tentang hakikat kabudayaan, menyangkut konsep kabudayaan, dan karakteristiknya serta kebudayaan dan kepribadian.
    Antropologis medis merupakan subdisiplin yang sekarang paling populer di Amerika serikat, bahkan tumbuh pesat dimana-mana. Antropologis medis ini banyak membahas hubungan antara penyakit dan kebudayaan yang tampak mempengaruhi evolusi manusia, terutama berdasarkan hasil-hasil penemuan paleopatologi. Beberapa dokter  yang menjadi ahli antropologi medis pada masa-masa awal adalah W.H.R. Rivers yang merasa tertarik pada reaksi penduduk pribumi terhadap penyakit, dimana para penduduk berkeyakinan bahwa datangnya penyakit sebagai kejadian alam yang tidak berhubungan dengan kebudayaan.
    Antropologis psikologi bidang ini merupakan wilayah antropologi yang mengkaji tentang hubungan antara individu dengan makna dan nilai dengan kebiasaan sosial dari sistem budaya yang ada. Adapun ruang lingkup antropologi psikologi tersebut sangat luas dan menggunakan berbagai pendekatan pada masalah kemunculan dalam interaksi antara pikiran, nilai, dan kebiasaan sosial. Kajian ini dibntuk secara khusus oleh percakapan interdisipliner antara antropologi dan ruang lingkup lain dalam ilmu-ilmu sosial serta humaniora (Schawartz, 1992). Sedangkan fokus kajian bidang ini terpusat pada individu dalam masyarakat makin mendekatkan hubungan dengan psikologi dan psikistri dibanding dengan mainstream antropologi. Namun, secara historis bidang antropologi psikologi tersebut lebih dekat pada psikoalanisasi daripada psikologi eksperimental.
    Antropologi sosial bidang ini mulai dikembangkan oleh James George Frazer di Amerika serikat pada awal abad ke-20. Dalam kajiannya, antropologi sosial mendeskripsikan proyek evolusionis yang bertujuan untuk merekontruksi masyarakat primitif  asli dan mencatat perkembangannya melalui berbagai tingkat peradaban .
   







BAB 3 PENUTUP


Kesimpulan


    Antropologi berasal dari bahasa yunani, asal kata dari anthoropus berarti manusia , dan logos berarti ilmu. Dengan demikian, secara harfiah antropologi adalah ilmu kemanusiaan. Para ahli antropologi sering mengemukakan bahwa antropologi marupakan studi tentang umat manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya, antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kemanisiaan baik dalam bentuk fisik, kemanusiaan, dan kebudayaanya,
    Adapun macam-macam antropologi adalah:
Ø  Antropologi fisik
Ø  Antropologi budaya
Ø  Antropologi sosial
Ø  Antropologi medis
Ø  Antropologi psikologi.
          Secara khusus, ilmu antropologi terbagi kedalam lima subilmu yang mempelajari:
1.      Masalah asal dan perkembangan manusia atau evolusinya secara biologis.
2.      Masalah terjadinya aneka ragam fisik manusia.
3.      Masalah terjadinya perkembangan dan persebaran aneka ragam kebudayaan manusia.
4.      Masalah terjadinya perkembangan dan persebaran aneka ragam bahasa yang diucapkan seluruh dunia.
5.      Masalah mengenai asas-asas dari masyarakat dan kebudayaan manusia dari aneka ragam suku bangsa yang tersebar diseluruh dunia masa kini.

(supardan, 2009)

DAFTAR PUSTAKA


Achmad Fedyani Saifuddin, P. (2006). Antropolodi Kontemporer. Jakarta: Kencana.
Bungin, B. (2008). Penelitiem Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Marjali, A. (2005). Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Jakarta: Kencana.
Supardan, D. (2009). Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.



















 

هناك تعليقان (2):